DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMBUATAN SURAT PENGANTAR PADA KANTOR KELURAHAN AMPAH KOTA KECAMATAN DUSUN TENGAH KABUPATEN BARITO TIMUR PROVINSI KAL-TENG
PENGARANG:ELLYA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-07


ABSTRAK

Ellya Safitri, 1710411620009. Kualitas Pelayanan Publik Pembuatan Surat Pengantar Pada Kantor Kelurahan Ampah Kota  Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengahdi bawah Bimbingan Afrida Royati

     Kualitas pelayanan publik sangatlah diperlukan bagi pengguna jasa pelayanan termasuk tingkat kesulitan atau kemudahannya.Karena dalam organisiasi publik, pelayanan publik berarti kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui kualitas pelayanan publik diKantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelayanan publik di kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan analisis deskriptif kualitataif. Sumber data yang digunakan  data primer dari Data yang diperoleh langsung dari para responden berupa tanggapan responden terhadap Kinerja dan data sekunder Berupa Data sekunder ialah data yang diperoleh dari instansi pemerintah yang bersangkutan dengan penelitian ini. Teknis analisis data menggunakan teknik yang dirumuskan oleh Miles dan Huberman (Sugiyono, 2013: 246) dimana ada tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Berdasarkan hasil  penelitian dan menggunakan teori Tjiptono (2005)  Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar di Kantor Kelurahan Ampah kota Kecamatan Dusun Tengah kabupaten Barito Timur Provinsi  kalimantan tengah sebagai berikut: Bukti langsung(Tangible),cukup berkualitas, Kehandalah (Reliability), sudah berkualitas, Daya Tanggap (Responsiveness), sudah berkualitas, Jaminan (Assurance), sudah berkualitas, Empati (Emphaty),sudah berkualitas.

Hasil penelitian ini disarankan: 1. sebaiknya melakukan pengecekan secara berkala terhadap fasilitas kotak saran bagi masyarakat yang ingin menyampaikan melalui surat. 2. Pegawai juga sebaiknya saling mengingatkan satu dengan yang lain mengenai pentingnya keramahan terhadap pengguna layanan. Dengan demikian pengguna layanan akan merasa nyaman selama berurusan. 3. sebaiknya melakukan sosialisai ke masyarakat terutama kepada RT/RW  untuk menyampaikan persyaratan serta prosedur dalam pembuatan surat pengantar 4.Kepala Lurah diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pegawainya

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pembuatan Surat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI