DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL POLA ABC-ABC KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK A TK MELATI PELAIHARI
PENGARANG:SISKA APRILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-07


Aprilia, Siska. 2022. Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Pola ABC-ABC Kombinasi Model Explicit Instruction Metode Pemberian Tugas dengan Media Bahan Alam pada Kelompok A TK Melati Pelaihari. Skripsi Program Pendidikan anak usia dini. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas lambung mangkurat. pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

Kata Kunci : Kognitif,  Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas, dan Media Bahan Alam.

 

Permasalahan pada penelitian ini belum optimalnya  kemampuan kognitif anak dalam mengenal pola ABC-ABC. Disebabkan proses pembelajaran hanya satu arah, guru hanya menggunakan media gambar sebagai bahan pembelajaran dalam mengurutkan pola ABC-ABC dan anak tidak terlibat aktif dalam praktek langsung, guru hanya menggunakan media gambar sebagai bahan pembelajaran, dan anak kurang dibimbing untuk menyelesaikan masalah atau dalam belajar mengurutkan pola ABC-ABC. Dampak yang ditimbulkan akan berpengaruh terhadap belum berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal pola ABC-ABC kelompok A TK Melati. Diperbaiki dengan menggunakan model Explicit Instruction metode Pemberian Tugas dengan Media Bahan Alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas  yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Melati dengan jumlah sebanyak 12 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Cara mengumpulkan data dengan pengamatan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi menggunakan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kriteria sangat baik dengan skor 28. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan secara klasikal mencapai 91,6% dengan kriteria hampir seluruh anak aktif  dan pada hasil pencapaian perkembangan kognitif anak berhasil mencapai 91,6% dengan kriteria berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Explicit Instruction metode Pemberian Tugas dengan Media Bahan Alam pada kelompok A TK Melati dalam mengenal pola ABC-ABC mengalami perkembangan dan hipotesis dapat diterima. Disarankan agar model dan metode ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif  dalam meningkatkan aktivitas anak yang berdampak  pada pengembangan hasil perkembangan anak. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI