DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN AUDIT TENURE TERHADAP AUDIT REPORT LAG DENGAN REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Perdagangan Besar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021)
PENGARANG:FENI ULFIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-07


ABSTRAKSI

Feni Ulfiah, (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Audit tenure terhadap Audit report lag dengan Reputasi Kantor Akuntan Publik sebagai Variabel Pemoderasi(Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Perdagangan Besar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021). Pembimbing: Dr. Syaiful Hifni, Drs. Ec. M.Si, Ak, CA

Laporan keuangan haruslah disajikan tepat waktu karena informasi didalamnya diperlukan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan dan audit tenure terhadap audit report lag dengan reputasi kantor akuntan publik sebagai variabel pemoderasi.

Populasi dalam penelitian ini ialah perusahaan subsektor perdagangan besar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 37 perusahaan sebagai sampel. Teknik analisis menggunakan Moderat Regression Analysis (MRA) yang diolah dengan program SPSS versi 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit report lag karena perusahaan besar maupun kecil keduanya berpeluang menghadapi tekanan yang sama atas ketepatan waktu pelaporan keuangan. Audit tenure berpengaruh terhadap audit report lag karena semakin lama masa perikatan audit akan memberikan pengetahuan yang lebih luas mengenai lingkungan bisnis klien. Reputasi KAP tidak memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap audit report lag karena baik KAP big four maupun non big four, keduanya menjalankan proses audit sesuai standar tanpa memandang ukuran perusahaan klien. Reputasi KAP tidak memoderasi pengaruh audit tenure terhadap audit report lag karena baik KAP big four maupun non big four, keduanya berusaha menghasilkan laporan audit yang berkualitas terlepas dari berapa lama tenure audit dengan kliennya.

Kata Kunci: Audit report lag, Ukuran Perusahaan, Audit tenure, Reputasi Kantor Akuntan Publik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI