DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pemanfaatan Kawasan Ekowisata Jembatan Antasan Bromo bagi Masyarakat di Bantaran Sungai
PENGARANG:LINDA HERNIKA SYAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-07


Linda Hernika Syafitri. 2022. Pemanfaatan Kawasan Ekowisata Jembatan Antasan Bromo bagi Masyarakat di Bantaran Sungai. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M.Pd dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Aktivitas masyarakat tidak hanya di lakukan di daerah tempat tinggal mereka saja, akan tetapi aktivitas masyarakat juga bisa di luar tempat tinggal mereka. Dari adanya aktivitas masyarakat tersebut, maka masyarakat mengusulkan kepada pemerintah setempat untuk melakukan pembuatan jembatan agar akses jalan ke Pulau Bromo menjadi lebih mudah untuk digunakan. Masyarakat mengeluh melalui ketua RT bahwa mereka kesulitan akan akses akhirnya berdampak kepada aktivitas kehidupan masyarakat di Pulau Bromo. Tujuan penelitian ini: 1. Untuk mendeskripsikan gambaran umum Kawasan EkowisataJembatan Antasan Bromo. 2. Untuk mendeskripsikan manfaat KawasanEkowisataJembatan Antasan Bromo bagi masyarakat setempat. 3. Untuk mendeskripsikan dampak yang terjadi dari adanya Kawasan EkowisataJembatan Antasan Bromo bagi masyarakat setempat.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif yang secara umum bisa menggambarkan hasil penelitian dan memaparkan manfaat dan dampak yang terjadi dari adanya pembuatan kawasan Ekowisata Jembatan Antasan Bromo agar penelitian ini menjadi lebih akurat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan manfaat dan dampak dari adanya EkowisataJembatan Antasan Bromo, wawancara dengan Dinas PUPR, masyarakat, duta lingkungan, serta anak sekolah sebagai penguat dari hasil wawancara dengan masyarakat, dan dokumentasi berupa foto. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check.

Hasil penelitian: 1) Ekowisata Jembatan Antasan Bromo terletak di kelurahan Mantuil, kecamatan Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan. 2) Pemanfaatan kawasan Ekowisata Jembatan Antasan Bromo dibuat sebagai tempat kawasan ekowisata yang memanfaatkan desain jembatan yang unik dan alam yaitu pemanfaatan sungai dan RTH sebagai daya tarik dalam menarik minat para wisatawan. 3) Dampak yang dirasakan masyarakat dari ekowisata jembatan Antasan Bromo yaitu aktivitas sehari-sehari menjadi lebih mudah dan lancar, interaksi sosial semakin mudah, membantu kegiatan ekonomi masyarakat seperti pedagang-pedagang yang berjualan, terjadi kecemburuan sosial, dan kerugian pemilik jasa kapal feri serta kelotok.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan, Kawasan, dan Dampak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI