DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN WAKTU LUANG DI LUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:AKHMAD FADLLUL MUNAWWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-08


AKHMAD FADLLUL MUNAWWAR. NIM 1810122110014. Pemanfaatan Waktu Luang Di Luar Jam Sekolah Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kabupaten”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Dr. Rahmadi, S. Pd., M. Pd. (I). Dr. H. Syamsul Arifin, M. Pd. (II).

 

                   Pada saat era globalisasi sering dikaitkan dengan kemajuan teknologi dan informasi yang tiada batas. Namun, globalisasi juga memiliki dampak positif dan negatif dibidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Diluar jam sekolah peserta didik bisa memanfaatkan waktu luangnya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi (gadget) untuk menambah wawasan mengenai pembelajaran. Namun dengan terlalu sering peserta didik mengunakan gadget dengan hal yang tidak bermanfaat membuat peserta didik malas bergerak sehingga muncullah aktivitas kurang gerak pada peserta didik.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang di luar jam sekolah pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tapin.

Jenis penelitian ini adalah survey menggunakan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 7,8,9 di 7 sekolah Menengah Pertama Negeri yang berada di Kabupaten Tapin. Sampel dalam penelitian sebanyak 585 peserta didik dengan teknik sampling purposive. Sampling purposive adalah teknik pengumpulan sample dengan berbagai pertimbangan tertentu. Pertimbangan dalam penentuan sample dalam penelitian ini adalah yang mengisi angket sejumlah 585 peserta didik karena mempertimbangkan situasi dan kondisi saat penelitian berlangsung, keterbatasan perangkat android yang dimiliki peserta didik, durasi penelitian, dan menyesuaikan jadwal di sekolah tempat penelitian..

Hasil penelitian diperoleh beberapa kategori pemanfaatan waktu luang peserta didik di luar jam sekolah, yaitu “Sangat Tinggi” 42 orang (7%), “Tinggi” sebanyak 144 orang (25%), “Sedang” sebanyak 205 orang (35%), “Rendah” sebanyak 159 orang (27%), “Sangat Rendah” sebanyak 35 orang (6%).

 

 

Kata Kunci : Pemanfaatan Waktu Luang, Di Luar Jam Sekolah, Peserta didik

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI