DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN DAN EFEKTIVITAS RETRIBUSI PARIWISATA, PAJAK HOTEL, DAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:MUHAMMAD FAIDHAN NAFIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-10


Muhammad Faidhan Nafis (2022). Peranan Dan Efektivitas Retribusi Pariwisata, Pajak Hotel Dan Pajak Restoran Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Kotabaru. Pembimbing Dr. Kadir, Drs, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini dilakukan terkait dengan peranan dan efektivitas retribusi pariwisata, pajak hotel dan pajak restoran terhadap peningkatan pendapatan asli daerah di Kabupaten Kotabaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan dan efektivitas retribusi pariwisata, pajak hotel dan pajak restoran terhadap peningkatan pendapatan asli daerah tersebut.

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan untuk menggambarkan bagaimana peranan dan efektivitas retribusi pariwisata, pajak hotel dan pajak restoran terhadap peningkatan pendapatan asli daerah menggunakan data daritarget dan realisasi Kabupaten Kotabaru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung dengan pihak dinas terkait dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan fokus pada retribusi pariwisata, pajak hotel dan pajak restoran serta pendapatan asli daerah Kabupaten Kotabaru.

Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa kontribusi retribusi pariwisata, pajak hotel dan pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah sangat kurang kontribusi. Efektivitas retribusi pariwisata dan pajak restoran terhadap peningkatan pendapatan asli daerah tergolong sangat efektif. Sedangkan, efektivitas pajak hotel terhadap peningkatan pendapatan asli daerah masih tergolong cukup efektif.

Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Retribusi Pariwisata, Pajak Hotel Dan Pajak Restoran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI