DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN MODEL BALS DAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA BIJI-BIJIAN PADA KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 12 BANJARMASIN
PENGARANG:RASIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-10


Rasidah. 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Model BALS dan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Kolase dengan Media Biji-Bijian pada Kelompok A di TK Aisyiyah 12 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Sakerani, M.Pd.

 

Kata Kunci: BALS, demonstrasi, kolase, biji-bijian.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus anak, hal ini disebabkan karena disekolah guru kurang memberikan aktivitas yang melibatkan gerak motorik halus anak dan anak kurang aktif dalam proses pembelajaran. Upaya pemecahan masalah ini yaitu dengan menggunakan model BALS dan metode demonstrasi melalui kegiatan kolase dengan media biji-bijian. Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui aktivitas guru, mengetahui aktivitas anak, dan mengetahui hasil perkembangan anak.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan sebanyak 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok A TK Aisyiyah 12 Banjarmasin sebanyak 15 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan cross table dan interpretasi menggunakan presentase dan kriteria. 

Hasil temuan menunjukkan aktivitas guru meningkat mencapai kriteria “sangat baik” pada pertemuan 3. Aktivitas klasikal anak meningkat hingga 100% dengan kriteria “sangat aktif” pada pertemuan 3. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal mengalami perkembangan hingga 100% atau berkembang sangat baik pada pertemuan 3. Disimpulkan model BALS dan metode demonstrasi berhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, dan hasil perkembangan yang optimal. 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI