DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI CIPP PROGRAM PRAKEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II SECARA DARING (Studi pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM)
PENGARANG:SIFA AYUNDA ERIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-10


Pelaksanaan PPL II tahun ajaran 2020/2021berbeda dari tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi Covid-19. Hal ini menyebabkan perubahan metode pembelajaran menjadi jarak jauh atau daring. Kondisi ini memberikan tantangan bagi mahasiswa dalam pelaksanaan PPL II di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan PPL II secara daring pada prodi Pendidikan Ekonomi ULM, dengan menggunakan metode evaluasi CIPP, serta bagaimana persepsi mahasiswa berdasarkan jenis kelamin dan jurusan terhadap pelaksanaan PPL II. Metode penelitian yang digunakan yaitu statistik inferensial dan statistik deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian merupakan mahasiswa PPL II prodi Pendidikan Ekonomi sebanyak 88 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumen. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan model CIPP (context, input, proses, product) dikenalkan oleh Stufflebeam tahun 1969. Diperoleh skor rata-rata pada aspek CIPP pelaksanaan PPL II daring yaitu, konteks 5,58 tergolong efektif, input 99,5 d tergolong sangat efektif, 55,34 tergolong sangat efektif, dan produk 14,93 tergolong sangat efektif. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan perbedaan rerata antara responden berdasarkan jenis kelamin dan konsentrasi diperoleh hasil pada seluruh aspek CIPP menunjukkan nilai > 0,05. Artinya hipotesis Ho diterima, dimana terdapat persamaan persepsi antara mahasiswa baik berdasarkan jenis kelamin maupun konsentrasi akuntansi ataupun manajemen bisisterhadap pelaksanaan PPL II secara daring

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI