DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TRADISI REWANG DALAM PENYELENGGARAAN HAJATAN PERKAWINAN PADA MASYARAKAT ETNIS JAWA DI DESA SUMBER MAKMUR KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:APRILIA EKA PRAMESTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-13


ABSTRAK

Aprilia Eka Pramesti. 2022. Tradisi Rewang Dalam Penyelenggaraan Hajatan Perkawinan Pada Masyarakat Etnis Jawa Di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Syahlan Mattiro, (II) Laila Azkia.

Kata Kunci : Tradisi Rewang, Hajatan, Etnis Jawa

Hajatan merupakan sebuah acara, pesta, perayaan atau syukuran terhadap suatu moment yang jarang terjadi. Dalam penyelenggaraan hajatan ini terdapat sebuah tradisi yang berbeda-beda pada setiap daerahnya. Khususnya pada masyarakat etnis Jawa ada sebuah tradisi yang dikenal sebagai tradisi Rewang. Tradisi ini adalah sebagai bentuk dari gotong royong. Dalam pelaksanaan rewang yang melibatkan banyak orang ini tentunya memiliki sebuah sistem. Sistem ini akan mengatur jalannya sebuah tradisi rewang tersebut agar dapat berjalan secara sistematis dan teratur untuk mencapai tujuan. Peneliti bertujuan untuk mengetahui: (1) sistem status dan peran para perewang dalam pelaksanaan Tradisi Rewang Dalam Penyelenggaraan Hajatan Perkawinan Pada Masyarakat Etnis Jawa di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. (2) nilai-nilai sosial yang terkandung dalam pelaksanaan Tradisi Rewang Dalam Penyelenggaraan Hajatan Perkawinan Pada Masyarakat Etnis Jawa di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan purposive sampling, dan informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan analisis data yang dipakai dalam penelitian ini dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) sistem status dan peran para perewang dalam pelaksanaan Tradisi Rewang Dalam Penyelenggaraan Hajatan Perkawinan Pada Masyarakat Etnis Jawa di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut terbagi menjadi dua yaitu: (a) Status dan Peran (b) Sistem Dalam Rewang. (2) nilai-nilai sosial yang terkandung dalam pelaksanaan Tradisi Rewang Dalam Penyelenggaraan Hajatan Perkawinan Pada Masyarakat Etnis Jawa di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut terbagi menjadi yaitu: (a) Perasaan Bahagia (b) Tanggung Jawab (c) Tolong Menolong.

Bagi masyarakat Desa Sumber Makmur, hendaknya terus melaksanakan tradisi rewang Selain banyak manfaatnya juga sebagai salah satu bentuk menghormati leluhur karena tradisi ini di wariskan oleh para leluhur terdahulu. Dengan menjaga tradisi dan melaksanakan tradisi tersebut nilai-nilai yang terkandung tidak akan luntur dan hilang. Adapun bagi kalangan mahasiswa/I dan masyarakat kalangan luas, dari penulisan penelitian ini hendaknya dapat membantu mengetahui tentang budaya atau tradisi dari masyarakat yang berbeda adat suku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI