DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBANTUAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN HIDROKARBON SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK
PENGARANG:FANDY AHMAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-13


Penelitian pengembangan bahan ajar berbantuan e-learning pada materi hidrokarbon bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid, praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model 4D yang telah dimodifikasi. Uji coba bahan ajar yang dikembangkan dilakukan pada peserta didikdi kelas XI MIA 1 MAN 3 Banjarmasin Tahun Ajaran 2018/2019. Sebagai sampel pada uji coba perorangan digunakan 3 orang peserta didik, uji coba kelompok kecil digunakan 8 orang peserta didik, dan uji coba terbatas digunakan 1 kelas yang terdiri atas 30 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Valid, dilihat dari nilai aspek kelayakan isi sebesar 91,67% (sangat valid), penyajian sebesar 87,50% (sangat valid), bahasa sebesar 95,51% (sangat valid), dan media sebesar 92,71% (sangat valid). (2) Praktis, dilihat dari hasil keterbacaan bahan ajar pada uji coba perorangan sebesar 87,50% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 87,50% (sangat baik) dan uji coba terbatas sebesar 88,17% (sangat baik)serta respon peseta didik terhadap bahan ajar pada uji coba terbatas sebesar 77,06% (baik). (3) Efektif, dilihat dari hasil belajardengan nilai N-gain sebesar 0,62 yang termasuk dalam kategori sedang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI