DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Ekonomi Penjelujur Sasirangan di Kelurahan Alalak Utara, Kota Banjarmasin Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:Heriyadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-13


Materi kegiatan ekonomi menyangkut kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi merupakan satu materi pada pembelajaran IPS. Hal ini, sesuai dalam konteks pembelajaran IPS maka pembelajaran pada materi tersebut tentunya tidak hanya dapat diajarkan melalui buku teks saja, tetapi juga perlu adanya integrasi dengan aktivitas-aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan sekitar seperti yang terletak di Kelurahan Alalak Utara, Kota Banjarmasin terdapat satu aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh penjelujur sasirangan. Oleh karena itu, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada bagian materi pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana profil penjelujur sasirangan di Kelurahan Alalak Utara (2) Mendeskripsikan aktivitas ekonomi penjelujur sasirangan di Kelurahan Alalak Utara (3) Mendeskripsikan bagaimana aktivitas ekonomi penjelujur sasirangan di Kelurahan Alalak Utara kaitannya dengan sumber belajar IPS.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas ekonomi penjelujur sasirangan di Kelurahan Alalak Utara sebagai sumber belajar IPS, yang difokuskan pada proses kegiatan produksi pada kegiatan aktivitas ekonomi penjelujur sasirangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan berdasarkan pengamatan lapangan. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument pada penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dengan menyimpulkan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjang pengamatan.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penjelujur di Kelurahan Alalak Utara memang kebanyakan sebagian para ibu rumah tangga nya berprofesi sebagai penjelujur kain sasirangan sebagai penghasilan tambahan mereka (2) Aktivitas ekonomi penjelujur sasirangan meliputi proses kegiatan produksi kain sasirangan. Dalam proses pembuatan kain sasirangan tentunya membutuhkan tahapan-tahapan dalam proses pembuatannya satu diantaranya yaitu pada proses penjelujuran (dijahit) yang mana tahapan ini merupakan hal penting yang dilakukan dalam pembuatan kain sasirangan karena dalam pembuatan kain sasirangan ini tidak bisa diolah dengan cara modern dengan menggunakan alat mesin, sehingga untuk proses pembuatan kain sasirangan ini harus menggunakan teknik jelujur sesuai pola yang sudah di gambar. (3) Aktivitas ekonomi penjelujur sasirangan dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI