DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“PESAN BUDAYA UNIK” PADA MASYARAKAT INDONESIA DALAM KARYA VISUAL (Studi Dekskriptif Kualitatif Pada Representasi Komik Line WebToon “Next Door Country” karya Mas Aditiya)
PENGARANG:MUHAMMAD MURJANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-17


Muhammad Murjani (D1C115221), 2022, “PESAN BUDAYA UNIK” PADA MASYARAKAT INDONESIA DALAM KARYA VISUAL (Studi Dekskriptif Kualitatif Pada Representasi Komik Line WebToon “Next Door Country” karya Mas Aditiya) Dibimbing oleh Siswanto Rawali, dan Noviana Sari.

Tradisi budaya yang beragam di Indonesia serta pesan Nasionalisme terkait perbedaan budaya, agama dan suku yang menjadi ciri khas budaya Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Penyesuaian budaya dan kearifan lokal yang dikemas dengan genre komedi dan hiburan sehingga mudah dicerna dan dinikmati. Inilah yang menjadi masalah besar yang diangkat oleh Mas Aditiya dalam Komiknya yang dipublish di Line Webtoon dalam aplikasi media sosial dengan nama “Next Door Country”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi pesan budaya unik serta makna Toleransi di lingkungan Masyarakat Indonesia dalam Karya Visual pada komik online “Next Door Country”.

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif serta analisis isi sebagai alat analisisnya dimana penelitian ini ditekankan kepada cuplikan gambar dan makna Tradisi budaya yang beraneka ragam di Indonesia menjadi pemicu utama orang asing tersebut mengalami penyesuaian budaya Indonesia seperti budaya Salaman dengan makna menghormati kepada orang yang lebih tua dan dihormati.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian bahwa komik online Next Door Country ini mempresentasikan nilai “Pesan Budaya Unik” Pada Masyarakat Indonesia karena menampilkan tanda dan makna tentang budaya unik yang direpresentasikan sebagai sebuah perspektif negative yang mengarah kepada sakrasme. Beberapa episode juga menampilkan tradisi unik yang berbau ritual mistis seperti seseorang dapat umur panjang karena sering dibicarakan, dan adat penangkal hujan yang tidak masuk dalam logika akal sehat. Namun dalam komik ini ditekankan bahwa ada upaya dari pengarang untuk memberikan pesan kepada pembacanya seperti sikap menghargai pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan yang berbeda antara orang asli Indonesia dan orang asing agar menghindari Culture shock.

Kata kunci: Komik, WebToon, Representasi, Pesan Budaya Unik, Toleransi Budaya, Culture shock

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI