DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LAPORAN PENELITIAN SKRIPSI STRATEGI PEMASARAN PRODUKSI RUMPUT LAUT KERING SAAT PANDEMI COVID-19 DI PT SELT ALGA INDONESIA KELURAHAN DUREN SAWIT KECAMATAN DUREN SAWIT KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR PROVINSI DKI JAKARTA
PENGARANG:Muhammad Saddam Husein
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-17


STRATEGI PEMASARAN PRODUKSI  RUMPUT LAUT KERING

SAAT PANDEMI COVID-19 DI PT SELT ALGA INDONESIA KELURAHAN DUREN SAWIT KECAMATAN DUREN SAWIT

KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR PROVINSI DKI JAKARTA

 

PRODUCTION MARKETING STRATEGY DRIED SEAWEED

DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN PT SELT ALGA INDONESIA DUREN SAWIT KELURAHAN DUREN SAWIT DISTRICT ADMINISTRATION CITY EAST JAKARTA DKI JAKARTA PROVINCE

 

Muhammad Saddam Husein1,Emmy Sri Mahreda2, Emmy Lilimantik2

1) Mahasiswa Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Universitas Lambung Mangkurat

2) Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km 36.Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 70714

Corresponding author: huseinms557@gmail.com

 

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi pemasaran produksi rumput laut kering pada saat pandemi covid-19 di PT SELT Alga Indonesia. Penentuan tempat penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan pertimbangan bahwa perusahaan ini melakukan kegiatan usaha produksi rumput laut kering dan telah beberapa kali mengekspor hasil produksinya.. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara (interview) dan metode dokumentasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi S – O yang dapat dilakukan adalah melakukan kerjasama dengan pembeli baru dengan terus menerus menjaga mutu hasil produk olahan dan mengembangkan produk olahan dengan menambah jenis produk yang diolah, 2) strategi W – O yang dapat dilakukan adalah membeli lahan untuk budi daya rumput laut sendiri dan memperbanyak tenaga kerja dan produk  olahan, 3) strategi S – T yang dapat dilakukan adalah membeli gudang kering sendiri, bahan baku dengan memberlakukan kerjasama dengan petani budidaya rumput laut dan memeriksa kualitas bahan baku dengan lebih baik agar kualitas produk yang dihasilkan lebih baik daripada competitor, dan 4) strategi W – Tyang dapat dilakukan meningkatkan kualitas produk olahan dan memiliki rekanan petani budidaya yang tetap.

 

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Rumput Laut, SWOT

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI