DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DARI OJEK KONVENSIONAL HINGGA OJEK ONLINE: DINAMIKA TRANSPORTASI DARAT DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 1980-2020
PENGARANG:HARIS FADILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-17


Keberadaan ojek online di Kota Banjarmasin mendesak para pengemudi ojek konvensional. Pendapatan ojek konvensional menurun sejak maraknya penggunaan ojek online di Kecamatan Banjarmasin Timur Perubahan kondisi sosial ekonomi setelah maraknya penggunaan ojek online memunculkan strategi baru dari para ojek konvensional untuk mempertahankan eksistensinya.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan; 1) Dinamika transportasi darat di Kota Banjarmasin, 2) Kehidupan sosial ekonomi tukang ojek konvensional sebelum dan pasca kehadiran ojek online di Kecamatan Banjarmasin Timur, dan 3) Strategi tukang ojek konvensional mempertahankan eksistensinya setelah maraknya penggunaan ojek online di Kecamatan Banjarmasin Timur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sejarah yang terdiri dari Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Tahap pertama adalah Heuristik, tahap pengumpulan data. Sumber data didapatkan melalui 3 cara yaitu sumber lisan yang didapatkan dari hasil wawancara, penelitian ini melakukan wawancara secara mendalam (in-depth interview) dengan cara tatap muka (face to face relationship) dengan sumber informasi (interview), peneliti di sini melakukan tanya jawab dengan menggunakan pedoman wawancara (terlampir). Sumber tertulis atau dokumen peneliti dapatkan dari skripsi, tesis, buku dan jurnal. Setelah data terkumpul, dilakukan tahap berikutnya yaitu Kritik, baik itu kritik eksternal dan kritik internal. Tahap selanjutnya yaitu Interpretasi dan tahap yang terakhir yaitu Historiografi atau penulisan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya dinamika transportasi darat di Kota Banjarmasin Timur yang membuat terjadinya perubahan kondisi kehidupan sosial ekonomi tukang ojek konvensional Kecamatan Banjarmasin Timur. Perubahan tersebut berupa perbandingan kondisi kehidupan sosial ekonomi sebelum dan pasca maraknya penggunaan ojek online di Kecamatan Banjarmasin Timur dan strategi tukang ojek konvensional mempertahankan eksistensinya.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dinamika yang terjadi pada transportasi darat di Kota Banjarmasin terus berlanjut hingga sekarang khususnya ojek. Kehadiran ojek online membuat perubahan pada kehidupan sosial ekonomi ojek konvensional.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI