DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Fungsi Manajemen Kepala Ruang Dengan Penerapan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru
PENGARANG:Nur Khalisah Hayati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-18


Latar Belakang: Keselamatan pasien merupakan prioritas utama dalam pelayanan sekaligus aspek penting dari manajemen yang berkualitas. Keberhasilan penerapan keselamatan pasien di Ruang Rawat Inap salah satunya dengan menerapkan peran kepala ruang dalam menjalankan lima fungsi terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengaturan staf, pengarahan dan pengendalian.

Tujuan: Mengetahui hubungan fungsi manajemen kepala ruang dengan penerapan keselamatan pasien di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional dan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dilakukan pada 106 perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan uji analisis menggunakan deskriptif korelasi dengan alternatif uji Fisher Exact.

Hasil: Hasil analisis penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara fungsi manajemen kepala ruang dengan penerapan keselamatan pasien di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru dengan p-value=0,024 (p<0,05).

Pembahasan: Fungsi manajemen yang dijalankan dengan baik merupakan bekal positif terhadap kepala ruang dalam memimpin dan sebagai penggerak. semakin baik fungsi manajemen yang dijalankan kepala ruang, maka semakin meningkat kualitas perawat dalam menerapkan keselamatan pasien di ruang rawat inap.

Kata kunci: manajemen, kepala ruang, keselamatan pasien

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI