DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM USAHA PEMBANGUNAN (Studi Pada Desa Tengah Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru)
PENGARANG:RISKI WIJAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-19


ABSTRAK

Riski Wijaya D1B114214, 2021. ‘’Pengelolaan AlokasiDanaDesa dalam usahaPembangunanDesa Tengah KecamatanPulau Sembilan KabupatenKotabaru’’. Pembimbing (I) Suriansyah Umar, Pembimbing (II) Sandra Bhakti M.

Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Alokasi dana desa dalam usaha pembangunan desa Tengah Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru. bagaimana pengelolaan alokasi dana desa dalam usaha pembangunan Desa Tengah Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru.

. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada setiap Informan yang dianggap berpotensi bisa memberikan keterangan mengenai Pengelolaan Dana. Dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa Tengah Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru.

HasilpenelitianbahwaTransparansi anggaran di desa Tengah sesuai dengan prosedur, hal ini terlihat dari papan informasi berupa print aut spanduk beserta keterangan berbagai kegiatan pembangunan yang sudah terealisasi. Namun Akuntabilitas laporan pertanggungjawaban selalu terkendala dan tidak tepat waktu lantaran terjadinya musim barat dan tenggara yang mengakibatkan tingginya gelombang laut. Kemudian Partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan masih kurang lantaran pemerintah desa kurang mengajak dan menyampaikan kepada masyarakatnya untuk ikut andil disetiap pelaksanaan kegiatan. Desa Tengah secara Ekonomi sudah mulai maju hal ini dapat dilihat pembangunan jalan semen untuk desa sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada setiap kegiatan, seharusnya pemerintah desa harus lebih meningkatkan lagi sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat. sehingga masyarakat mengerti tentang apa tujuan dari dana tersebut, karena pemerintahan desa yang baik adalah pemerintah yang selalu mengikutsertakan masyarakatnya pada setiap pengambilan keputusan dan pelaksanaannya.

Kata Kunci : Pengelolaan Alokasi Dana Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI