DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (STUDI KASUS KAB/KOTA DAN 34 PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2015-2019)
PENGARANG:ABDUL HALIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-19


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh realisasipengeluaran pemerintah daerah menurut fungsi kesehatan,pendidikan, perumahan dan fasilitas umum, melalui infrastruktur (jalan dan jembatan) terhadap indeks pembangunan manusia (IPM). Penelitian ini, menggunakan jenis data panel sebanyak 5 tahun dari tahun 2015-2019 dan datadiambil dari kab/kota ditambah 34 provinsi di Indonesia, sehingga observasi penelitian ini berjumlah170. Meningkatnya realisasi pengelua-ran pemerintah daerah menurut fungsi kesehatan, pendidikan, perumahan dan fasilitas umum, dan melalui infrastuktur (jalan dan jembatan) menjadi alasan bagi peneliti untuk meneliti judulini. Tidak hanya realisasi pengeluaran pada empat sektor tersebut yang meningkat, namunpengeluaran keseluruhan pemerintah daerah juga meningkat. Alasan lainnyakarena indeks pembangunan manusia di Indonesia yang masih tergolong rendah di negara-negara ASEAN, padahal laju pertumbuhan ekonomi Indonesia terbilang cukupbesar.Peneliti menggunakan tiga indikator di dalam indeks pembangunan manusia menurut BPS yaitu dimensi umur panjang dan hidup sehat (kesehatan), dimensipengetahuan dan rata-rata lama sekolah penduduk (pendidikan), dan dimensi standar kehidupan yang layak (perumahan dan fasilitas umum), dan sarana infrastruktur (jalan dan jembatan). Peneliti menggunakan model regresi data panel dengan metode PLS estimasi model fixed effect modelsmenggunakan aplikasi pengolahan data eviewsedisi ke-11. Hasil penelitiannya, secara parsial realisasi pengeluaran pemerintah daerah menurut fungsi kesehatan, perumahan dan fasilitas umum, melalui infrastuktur (jalan dan jembatan) berpengaruh secara signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Sedangkan realisasi pengeluaran pemerintah daerah menurut fungsi pendidikan tidak berpengaruh secara signifikan. Namun, secara simultan berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia.

 

Kata Kunci: Indeks Pembangunan Manusia, Realisasi Pengeluaran Pemerintah daerah menurut fungsi kesehatan, Pendidikan, Perumahan dan Fasilitas Umum, infrastuktur (jalan dan jembatan) kab/kota dan 34 provinsi di Indonesia, (Fixed Effect Model)FEM PLS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI