DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI): LITERATURE REVIEW
PENGARANG:ERNA AULIANA ARIANTINA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-19


ABSTRAK

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) : LITERATURE REVIEW

Putri, Erna Auliana A

Latar Belakang: Pertumbuhan sel yang tidakteratur bisa merusak dan dapat menyebar serta menyerang ke daerah lain didalam tubuh merupakan istilah dari kanker. Sudah terdapat banyak penelitian terkait topik pendidikan kesehatan dengan metode demonstrasi terhadap pengetahuan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) akan tetapi masih belum diketahui konsistensi dari hasil penelitian pada topik ini.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penelitian terkait pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode demonstrasi terhadap pengetahuan SADARI yang terdapat pada literature.

Metode: Penelitian dilakukan dengan metode literature review. Populasi ialah WUS, dan remaja putri. Intervensi mengkaji artikel penelitian yang menggunakan demonstrasi sebagai metode pendidikan kesehatan. Comparator mengkaji intervensi atau pelaksanaan yang digunakan sebagai pembanding dari intervensi utama. Outcome yang diobservasi adalah tingkat pengetahuan dan atau skor tentang SADARI pada responden. Melalui database:Google scholar, Sciene direct, dan Garudadalam rentang tahun 2015-2021 dengan jumlah 718. 10 artikel yang memenuhi kriteria, dianalisis menggunakan instrumen JBI Critical Appraisal Checklist for Quasi Experimental Studies.

Hasil: Pada 10 artikelpenelitian menyebutkan bahwa hasil tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode demonstrasi mengalami peningkatan yang baik.

Diskusi: Dari 10 artikel penelitian tidak ada yang menggunakan desain true eksperimental sehingga hasil yang signifikan masih perlu dikonfirmasi dengan penelitian yang sifatnya ekperimental.

kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Demonstrasi, Pengetahuan, SADARI, Literature Review

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI