DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI SAINS MATERI DINAMIKA PARTIKEL UNTUK SISWA SMA
PENGARANG:ANIS MUTHI'AH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-20


Kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah berdasarkan survei PISA yang dilakukan oleh OECD. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum tersedianya instrumen tes literasi sains yang berkualitas di beberapa sekolah. Salah satu upaya untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik dengan menyusun instrumen tes literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan instrumen tes literasi sains (1) validitas instrumen, (2) reliabilitas instrumen, (3) tingkat kesukaran instrumen dan (4) daya pembeda instrumen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model Borg and Gall. Subjek uji coba penelitian ini adalah 202 peserta didik. Teknik analisis data berupa validasi desain, validitas instrumen, reliabilitas instrumen, tingkat kesukaran instrumen dan daya pembeda instrumen. Produk yang dihasilkan adalah instrumen tes literasi sains pada materi dinamika partikel dengan bentuk soal pilihan ganda beralasan berjumlah 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validitas instrumen diperoleh bahwa soal dalam kategori valid, (2) memiliki reliabilitas dengan kriteria bagus sekali sebesar 0,83 (3) tingkat kesukaran soal diperoleh 1 soal dengan kategori sulit dan 11 soal dengan kriteria sedang, (4) hasil daya pembeda soal menunjukkan terdapat 2 soal dengan daya pembeda cukup sehingga butir soal masih bisa digunakan dan terdapat 2 butir soal bias sehingga butir soal yang dibuang sebanyak 2 soal.Dapat disimpulkan bahwa instrumen tes literasi sains yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI