DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM (GCR) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA MENGIKUTI PELAJARAN PJOK KELAS IX SMPN 3 BANJARBARU
PENGARANG:NORMALASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-21


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode pembelajaran daring menggunakan Google Classroom terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran PJOK kelas IX SMPN 3 Banjarbaru.

Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan pengambilan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap sampel seperti kuesioner.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXSMPN3Banjarbaruberjumlah240orang,adapunyangmenjadisampelpenelitian berjumlah 60 orang atau 25% dari jumlah populasi sesui dengan teori Arikunto tahun 2006, pengambilan sampel menggunakan double sampling yang terdiri dari Quota sampling dan Purposive sampling.

 

Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis denganmenggunakanujistatistikahasilpenelitianinidapat diketahui sebagai berikut :1) 10 indikator pertanyaan valid yang diukur dari nilai R-hitung lebih besar dari nilai R-tabel (0,2787) yaitu pertanyaan P1, P2, P3, P4, P5, P6, P7, P8, P9, dan P10. 2) Nilai CronBach’s Alpha  dari hasil uji Reliabilitas masing-masing Variabel  besar dari 0,6 sehingga data dalam penelitian dikatakan  sudah reliabel. 3) Hasil uji tingkat kesukaran pada instrumen pertanyaan diperoleh bahwa terdapat 7 pertanyaan yaitu pertanyaan P1, P2, P3, P4, P5, P6, P7, P8, P9, dan P10 yang memiliki proporsi P > 0,7 yang artinya memiliki tingkat kesukaran yang Mudah. 4) Berdasarkan hasil uji daya beda pada instrumen diperoleh bahwa terdapat 3 pertanyaan yaitu P1, P7, dan P10 memiliki nilai daya pembeda 0,40 – 0,70 yang artinya memiliki kategori daya pembeda yang baik. 5)Pada P3, P4, P5, P8, dan P9 memiliki nilai daya pembeda 0,21-0,40 yang artinya memiliki kategori daya pembeda yang cukup. Sedangkan sisanya pertanyaan P2, dan P6 memiliki nilai daya pembeda 0,00-0,20 yang artinya memiliki kategori daya pembeda yang Jelek.6) Dalam uji hipotesis menggunakan uji one sample t testmembuktikan bahwa rata-rata skor keaktifansiswa dengan penggunaan metode pembelajaran menggunakan google classroom adalah 9,03. Kemudian pada tabel one sample test diperoleh nilai t-statistics (16,762) > t-tabel (1,96) atau nilai signifikansi (0,000) < alpha (0,05) artinya keputusannya adalah tolak H0.

Kesimpulan Penelitian : Dari hasil seluruh pengujian maka disimpulkan, hasil penelitian ini adalah “Penggunaan metode pembelajaran daring menggunakan Google Classroom terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran PJOK berjalan secara efektif .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI