DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL, DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS V SDN GAMBUT 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Fitriani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-21


Permasalahan dalam pembelajaran IPA materi Suhu dan Kalor di Kelas V SDN Gambut 1 Kabupaten Banjar, disebabkan rendahnya hasil belajar siswa, dimana siswa masih kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif. Hal ini dikarenakan pembelajaran sering kali masih berpusat pada guru, sehingga hasil belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Somatic Auditory Visual Intellectual, Dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Gambut 1 Kabupaten Banjar dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang. Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis yang dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I dengan kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I dengan kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 46,15%, pertemuan II mencapai 61,53% pertemuan III mencapai 76,92%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Somatic Auditory Visual Intellectual, Dan Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI