DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA JEJANGKIT PASAR KECAMATAN JEJANGKIT KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD JAYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-24


ABSTRAK

Muhammad jayadi (1920419310010) Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah Bimbingan Jamaluddin dan Taufik Arbain.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.

   Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan lokasi penelitian di Desa Jejangkit Pasar Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder dengan informan penelitian yang terdiri dari Kepala Desa, Aparat Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, dan RT.

   Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa yang ada di Desa Jejangkit Pasar sudah dapat dikatakan baik pasalnya segala kegiatan yang diselengarakan di Desa Jejangkit Pasar pada saat ini sudah sangat jelas serta juga lebih akuntabel disetiap anggaran yang dipakai terkait dengan program yang dijalankan, dari hasil penelitian menjelaskan bahwa akuntabilitas pengelolaan dana desa yang pada saat ini sudah sangat bagus adanya, adapun juga terkait dengan bidang pemberdayaan, infrastruktur, serta pemerintahan pada saat ini sudah mampu berjalan serta juga hasilnya sudah dirasakan masyarakat Desa Jejangkit Pasar pada ummnya.

Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada Kepala Desa dan Aparat desa yang sekarang ini menjabat agar selalu berhati-hati dalam menggunakan anggran dana desa yang ada, serta dari pihak masyarakat harus selalu memantau program-program yang akan direncakan trus diawasi dan bekerjasama membangun agar Desa Jejangkit Pasar benar-benar menjadi desa yang lebih baik pada sebelumnya.

Kata Kunci : Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Desa Jejangkit Pasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI