DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Angkutan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Banjarmasin Pada Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin
PENGARANG:ELLANG BUANA SAKTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-24


 ABSTRAK

 

Ellang Buana Sakti, 2022: “Kualitas Pelayanan Angkutan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Banjarmasin Pada Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin”. Di bawah bimbingan Erma Ariyani. 

 

Peningkatan jumlah populasi penduduk di kota banjarmasin telah membawa dampak yang cukup besar terhadap perubahan pola kehidupan masyarakat. Hal tersebut juga berpengaruh pada tingkat jumlah pengguna kendaraan pribadi di kota banjarmasin. Adanya angkutan massal menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dalam menunjang mobilitas masyarakat setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan angkutan bus trans banjarmasin pada Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan informan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Zeithmal, dan Berry

Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berjalan dengan baik hal ini dibuktikan dengan adanya petugas yang telah memberikan pelayanan secara maksimal dengan terus memperhatikan kondisi bus yang beroperasi. Adanya pemberian subsidi tarif dan penyediaan halte untuk pemberhentian penumpang juga terus menjadi perhatian pengelola pelayanana. Selain itu, pengelola terus memperhatikan penyampaian informasi publik yang baik mengenai rute dan jadwal pelayanan baik secara langsung maupun melalui media sosial yang dikelola oleh pihak Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin. 

Adapun saran dalam penelitian ini bagi Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin yaitu: dapat terus dipertahankannya grafik peningkatan jumlah penumpang, pemberlakuan subsidi tarif dapat terus dilaksanakan, rute angkutan harus dapat terintegrasi ke seluruh wilayah di Kota Banjarmasin, dan peningkatan pengawasan terhadap kepatuhan masyarakat pengguna angkutan massal. 

 

 

Kata Kunci: Pelayanan publik, Mobilitas masyarakat, Angkutan umum

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI