DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SEKTOR UNGGULAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETENAGAKERJAAN DAN KEMISKINAN DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:LISTIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-25


ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk, menganalisis sektor unggulan di Provinsi Kalimantan Selatan, mengetahui hubungan antara sektor unggulan dengan ketenagakerjaan, mengetahui hubungan antara sektor unggulan dengan kemiskinan di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Alat analisis dalam penelitian ini adalah Static Location Quotient (SLQ), Dynamic Location Quotient (DLQ), Shift Share Esteban-Marquillas serta Indeks Spesialisasi. Uji Korelasi Pearson digunakan untuk mengetahui hubungan sektor unggulan terhadap variabel dependen. Data sekunder menggunakan  periode tahun 2016-2020. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pertambangan merupakan sektor unggulan di Provinsi Kalimantan Selatan. Hubungan sektor unggulan terhadap penyerapan tenaga kerja menunjukkan hubungan yang searah serta signifikan, dengan asumsi semakin tinggi kontribusi sektor pertambangan terhadap total PDRB maka penyerapan tenaga kerja akan meningkat. Sedangkan hubungan sektor unggulan terhadap tingkat kemiskinan menunjukkan hubungan yang berlawanan arah serta signifikan, dengan asumsi semakin tinggi kontribusi sektor pertambangan terhadap total PDRB maka akan diikuti dengan menurunnya persentase penduduk miskin.

Kata kunci : Sektor Unggulan; Ketenagakerjaan; Kemiskinan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI