DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUKURAN KINERJA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA RSUD A.M. PARIKESIT TENGGARONG KALIMANTAN TIMUR)
PENGARANG:SINDI EMIRALLISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-25


Sindi Emirallisa (2022) Pengukuran Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (Studi Kasus Pada RSUD A.M. Parikesit Tenggarong Kalimantan Timur). Pembimbing I: Dr. H. Fahmi Rizani, Drs., M.M., Ak., CA., CPA. Pembimbing II: Dra. Sustinah Limarjani, S.H., M.M., Ak., CA.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengukuran kinerja Badan Layanan Umum Daerah dengan pendekatan Balanced Scorecard yang meliputi 4 perspektif, yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Objek pada penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) A.M Parikesit Tenggarong Kalimantan Timur yang telah ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi laporan keuangan, laporan rekam medik, laporan Sumber Daya Manusia dan Diklat, serta data kuesioner pasien tahun 2019, sedangkan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pegawai rumah sakit.

Hasil penelitian dengan pendekatan Balanced Scorecard tersebut menunjukkan bahwa kinerja RSUD A.M. Parikesit pada tahun 2019 dari perspektif keuangan masih belum baik, dari perspektif pelanggan cukup baik, dari perspektif proses bisnis internal cukup baik. Serta dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja yang baik.

 

Kata Kunci: Kinerja,Balanced Scorecard,RSUD A.M. Parikesit.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI