DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DASAR-DASAR SINEMATOGRAFI UNTUK MATA KULIAH MEDIA TELEVISI DAN VIDEO DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FKIP ULM
PENGARANG:ARIF RAHMAN HAKIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-27


Abstract

One of the educational problems that are often felt in the learning process is the use of learning resources that are less effective. Factors that cause such as adequate facilities, learning resources that do not match the needs, and the use of learning resources that are not appropriate. This study aims to determine the quality of multimedia learning the basics of cinematography in television and video media courses in the Education Technology study program. This type of research is evaluative by applying the formative-summative evaluation model developed by Michael Sriven. The results of the formative evaluation of the multimedia learning of cinematography basics for the aspect of the feasibility of the content/material got results with a percentage of 84.14% in the "Very Good" category, the feasibility aspect of media recitation got results with a percentage of 63% in the "Good" category. In the one-on-one trial, the percentage of 80.25% was in the "Very Good" category and the field trial got a percentage of 75.75% in the "Very Good" category. The results of the summative evaluation showed that the multimedia effectiveness test for learning the basics of cinematography obtained a percentage value of 75% with the category "very effective" and based on the t-test analysis showed a difference in scores between the pretest and posttest. The pretest value is 54.18 and the posttest is 86.30.

Keywords: Evaluation of Learning Media, Formative and Summative, Cinematography, Television and Video Media.

Abstrak

Permasalahan pendidikan yang kerap dirasakan pada proses pembelajaran salah satunya yaitu penggunaan sumber belajar yang kurang efektif. Faktor yang menyebabkan diantaranya seperti fasilitas yang memadai, sumber belajar tidak sesuai keubutuhan, dan penggunaan sumber belajar yang tidak tepat guna. Penelitiian kali ini memiliki tujuan mengetahui kualitas multimedia pembelajaran dasar-dasar sinematografi pada mata kuliah media telvisi dan video di program studi Teknologi Pendidikan. Jenis penelitian ini ialah evaluatif dengan menerapkan model evaluasi formatif-sumatif yang dikembangkan oleh Michael Sriven. Hasil evaluasi formatif terhadap multimedia pembelajaran dasar-dasar sinematografi untuk aspek kelayakan isi/materi mendapatkan hasil dengan persentase 84,14% dalam kategorii “Sangat Baik”, aspek kelayakan pengajian media mendapatkan hasil dengan persentase 63% dengan kategorii “Baik”. Pada uji coba satu-satu mendapatkan persentase 80,25% berada pada kategorii “Sangat Baik” dan uji coba lapangan mendapatkan persentase 75,75% berada pada kategorii “Sangat Baik”. Hasil evaluasi sumatif menunjukan bahwa pada uji efektivitas multimedia pembelajaran dasar-dasar sinematografi memperoleh nilai presentase 75% dengan kategorii “sangat efektif” dan berdasarkan analisis uji-t menunjukan adanya perbedaan nilai antara pretest dan posttest. Nilai pretest 54.18 dan postest sebesar 86.30. 

Kata Kunci: Evaluasi Media Pembelajaran, Formatif dan sumatif, Sinematografi, Media Televisi dan Video.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI