DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS HARAPAN TAMBAK DANAU KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Raudatul Munawarah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-27


Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah belum berkembangnya aspek kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Hal ini disebabkan anak belum bisa fokus, anak mudah bosan, anak tidak tertarik, anak lebih pendiam karena kurangnya stimulus, kegiatan pembelajaran yang dilakukan kurang beragam dan bervariatif, sheingga upaya pemecahan masalah menggunakan kombinasi model Make A Match, Numbered Head Together dan media papan flanel. Tujuan penelitian untuk mengembangkan aktivitas guru, anak dan hasil capaian perkembangan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan.

 

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK)  dilaksanakan 3 kali pertemuan. Setting penelitian TK Tunas Harapan Tambak Danau berjumlah 11 orang (6 anak perempuan, 5 anak laki-laki). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi penilaian perkembangan kognitif. Indikator keberhasilan aktivitas guru berhasil jika mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase 100% kategori sangat aktif dan hasil perkembangan kognitif minimal 80% dan mencapai kategori (BSH) dan (BSB).

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dengan skor 18 kategori baik dan berkembang pada pertemuan 3 dengan skor 24 kategori sangat baik. Aktivitas anak pertemuan 1 dengan persentase 45% kategori cukup aktif dan berkembang pada pertemuan 3 dengan persentase 99% kategori sangat aktif. Hasil capaian perkembangan kognitif pertemuan 1 dengan persentase 27% hanya 3 anak yang berhasil berkembang hingga pada pertemuan 3 mencapai 99% atau 5 anak berhasil berkembang mendapatkan kategori (BSH) dan 6 anak berhasil berkembang mendapatkan kategori (BSB).

 

Kesimpulan yang didapat menggunakan kombinasi model  Make A Match, Numbered Head Together dan media papan flanel dapat mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan kognitif anak sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Disarankan bagi guru dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam memberikan inovasi pembelajaran yang menarik, aktif dan menyenangkan. Bagi kepala sekolah dapat dijadikan solusi untuk menerapkan model dan metode pembelajaran guna mengembangkan kualitas pembelajaran dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran.

Kata Kunci: Aktivitas, Kognitif, Lambang Bilangan, Make A Match, Numbered Head Together dan Media Papan Flanel

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI