DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PROMOSI MELALUI FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BENIH IKAN LELE (Clarias sp.) DI KELURAHAN MENTAOS KECAMATAN BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Sandrianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-28


                    Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan potensi sumberdaya air yang tersedia untuk perikanan. Perikanan berupa penangkapan dan budidaya laut dan umum/air tawar. Usaha budidaya air tawar sendiri didominasi oleh budidaya kolam dan budidaya karamba jaring apung.Produk sektor perairan dan kelautan memiliki prospek pemasaran yang baik dan permintaan produk sektor perairan  dimasa yang akan datang.  Ikan lele (Clarias sp.), memiliki permintaan yang cukup besar. Produksi ikan lele menjadi urutan ke tiga setelah ikan mas dan nila. POKDAKAN Mina Agrowisata 5 bergerak dibidang pemasaran secara langsung dan tidak langsung, yaitu dengan memanfaatkan media sosial facebook. Pesatnya perkembangan pengguna facebook dan  aktifnya penggunaan internet Indonesia. Dengan menggunakan facebook sebagai media pemasaran dan promosi, biaya operasional dapat meminimalkan, menghabiskan sedikit waktu dan tenaga. Berdasarkan latar belakang peneliti berminat untuk melakukan penelitian untuk menganalisis strategi promosi melalui facebook untuk meningkatkan penjualan benih ikan lele (Clarias sp.) di kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi melalui facebook untuk meningkatkan penjualan benih ikan lele (Clarias sp.) di kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan.

                             Hasil dari analisis menunjukkan bahwa kondisi usaha pemasaran benih ikan lele berada pada kuadran I yaitu kekuatan dan peluang, maka strategi yang perlu dilakukan adalah membuat promosi produk dengan memasang iklan melalui facebook, memberikan pelayanan yang maksimal kepada pembeli, memberikan potongan harga, meningkatkan kualitas benih. Faktor lainnya yaitu harga benih yang terjangkau dan peningkatan produksi benih ikan lele. Hal ini menunjukkan bahwa strategi promosi pemasaran melalui facebook dapat meningkatkan penjualan benih ikan.

             

                   Kata kunci : Ikan lele, Strategi Pemasaran, Facebook,SWOT, Peningkatan Penjualan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI