DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE DRILL DAN MEDIA BOWLING DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK MENGGUNAKAN TANGAN KANAN DAN TANGAN KIRI DALAM MELEMPAR SECARA TERARAH PADA KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK
PENGARANG:MUHAMMAD GALIH ASYARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-29


ABSTRAK

 

Asyari, Muhammad Galih. 2020. Implementasi Kombinasi Model Explicit Instruction, Metode Drill Dan Media Bowling Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Menggunakan Tangan Kanan Dan Tangan Kiri Dalam Melempar Secara Terarah Pada Kelompok A Taman Kanak-kanak. Skripsi. Program Ilmu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. Deasy Arisanty, M.Sc

 

Kata Kunci : Motorik Kasar, Explicit Instruction, Metode Drill, Bowling, Melempar Secara Terarah

 

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan motorik kasar anak dalam menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dalam melempar secara terarah. Hal ini dikarenakan anak belum mampu menunjukkan sikap melempar dengan tepat sasaran, penyajian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik, dan media pembelajaran masih bersifat monoton sehingga anak mudah bosan, kurang antusias. Berdasarkan dari hasil pengamatan observasi awal ternyata anak yang mendapatkan kategori BSB hanya 1 orang 10%,  anak yang mendapatkan kategori BSH ada 2 orang 20% , anak yang mendapatkan kategori MB ada 5 orang 50% dan bahkan ada anak yang mendapatkan kategori BB 2 orang 20% , anak yang mendapatkan bintang 1 dan 2 cenderung pasif untuk mengembangkan aspek fisik motorik kasarnya dalam melempar secara terarah.

Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui metode pembelajaran model explicit instruction, metode drill dan media bowling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan anak dalam kemampuan melempar secara terarah pada anak kelompok A sesuai dengan standar tahapan perkembangan.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research)yakni menggunakan teknik pengumpulan data yang menggunakan 6 skripsi, satu tesis, dan 7 jurnal-jurnal penelitian. Metode pengumpulan data yakni metode dokumentasi dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada 8 langkah aktivitas guru dalam mengajar dan 5 langkah aktivitas anak dalam mengikuti pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek motorik kasar dengan kemampuan menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dalam melempar secara terarah yang menggunakan kombinasi model explicit instruction, metode drill dan media bowling dan juga penerapan strategi pembelajaran tersebut dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak sesuai tahap perkembangannya. Berdasarkan hasil tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan mengggunakan model explicit instruction, metode drill dan media bowling melalui kegiatan melempar secara terarah menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dapat mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok A Taman Kanak-kanak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI