DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Komunikasi Terhadap Kualitas Pelayanan Akta Perkawinan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara
PENGARANG:WULAN KRISTIYOWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-31


ABSTRAK

Wulan Kristiyowati, 2022, Pengaruh Komunikasi Terhadap Kualitas Pelayanan Akta Perkawinan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara, di bawah bimbingan Mahyuni dan Muhammad Riduansyah Syafari.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya angka kepemilikan akta perkawinan bagi warga kawin non muslim di kabupaten Barito Utara. Hal ini diduga disebabkan oleh komunikasi dan kualitas pelayanan akta perkawinan yang diberikan oleh aparatur / petugas pelayanan akta perkawinan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara belum optimal. Adapun yang menjadi masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara komunikasi terhadap kualitas pelayanan akta perkawinan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara, sehingga tujuan penelitian ini adalah menganalisis seberapa besar pengaruh komunikasi terhadap kualitas pelayanan akta perkawinan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara.

Operasional variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi sebagai variabel bebas (independent variable) yang diukur dengan lima dimensi yaitu komunkator, pesan / informasi, media, komunikan dan efek. Sebagai variabel terikat (dependent variable) adalah kualitas pelayanan akta perkawinan yang diukur dengan lima dimensi yaitu tangible, realiability, responsiveness, assurance, dan empathy. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobablity sampling jenis purposive sampling. Data dikumpulkan melalui survei kuesioner terhadap 100 orang responden yang terbagi menjadi 38 orang di kelurahan Melayu, 38 orang di kelurahan Lanjas dan 24 orang di desa Beringin Raya, kecamatan Teweh Tengah, kabupaten Barito Utara. Data – data hasil survei tersebut dianalisis melalui uji validitas dan uji reliabilitas serta uji asumsi klasik. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis regressi linier sederhana dengan melakukan analisis koefisien determinasi (R²) dan uji hipotesis memalui uji t (parsial). Semua analisis dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 22. Dari analisa uji t, dapat diprediksi besarnya nilai variabel terikat memalui persamaan regresi yaitu sebagai berikut :

Y = 4.283 + 0,917X

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan akta perkawinan pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil kabupaten Barito Utara sebesar 71,6% sedangkan sisanya sebesar 28,4% dipengaruhi oleh sebab – sebab lain.

Kata kunci : Komunikasi (komunikator, pesan, media, komunikan dan efek), Kualitas Pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI