DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perubahan Gaya Hidup Ibu-ibu Di Desa Guntung Damar Dalam Berbelanja Online
PENGARANG:Ayu Hariyanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-31


Ayu Hariyanti, 1810412120001, 2022, Perubahan gaya hidup Ibu-ibu di Desa Guntung Damar dalam berbelanja online, di bawah bimbingan: Noor Hidayati.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perubahan gaya hidup dalam berbelanja online, serta untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya belanja online yang dialami Ibu-ibu Desa Guntung Damar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan gaya hidup Ibu-ibu di Desa Guntung Damar dalam berbelanja online terjadi karena adanya perkembangan teknologi yang memunculkan sistem pembelanjaan baru secara online yang mengubah transaksi langsung menjadi tidak langsung. Hal tersebut memberikan kemudahan serta telah mengubah Ibu-ibu Desa Guntung Damar menjadi pribadi yang konsumtif dan senang belanja atau disebut juga dengan istilah shopaholic. Ada beberapa perilaku tertentu dari Ibu-ibu Desa Guntung Damar dalam berbelanja online yang dapat diklasifikasikan kedalam gaya hidup shopaholic diantaranya shopaholic fanatik terhadap merk tertentu, shopaholic selektif soal kualitas, shopaholic impulsive buying, shopaholic pantang kalah dari orang lain, shopaholic terayu-bujukan, dan shopaholic senada. Adapun motivasi dalam berbelanja yang menjadikan Ibu-ibu Desa Gutung Damar menjadi pelaku shopaholic yaitu social shopping, gratification shopping dan value shopping. Ada dua faktor yang menyebabkan Ibu-ibu Desa Guntung Damar melakukan belanja online yaitu faktor internal yang berasal dari kepribadian, persepsi dan pembelajaran. Sedangkan untuk faktor ekternalnya berasal dari keluarga serta lingkungan pertemanan.

 

Kata Kunci: Ibu-ibu, Belanja online, Perubahan gaya hidup, Masyarakat konsumtif, Shopaholic

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI