DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Dinas Lingkungan Hidup dalam Pembinaan Bank Sampah Induk di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin
PENGARANG:Ananda Ika Rahman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-10-31


ABSTRAK

Ananda Ika Rahman 1810411620025 : “Efektivitas Dinas Lingkungan Hidup dalam Pembinaan Bank Sampah Induk di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin”.Dibawah Bimbingan Ibu Widyakanti.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 14 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah memiliki maksud bahwa pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir dengan pendekatan ekonomi sirkular oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat, sehingga memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan. Pemerintah daerah sekarang dituntut harus mengelola sampah dengan baik ,dalam Pengelolaan Sampah memiliki maksud dan tujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber energi alternatif. Keberadaan Bank Sampah Induk di Kecamatan Banjarmasin Utara yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin menjadi wadah bagi masyarakat khususnya bank sampah unit dalam hal memudahkan pelayanan jual beli sampah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana efektivitas dinas lingkungan hidup dalam pembinaan bank sampah induk di kecamatan Banjarmasin utara Kota Banjarmasin, serta faktor-faktor apa saja yang dapat menghambat jalannya kegiatan bank sampah . Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan didukung oleh analisis wawancara dengan berbagai informan. Teknik Analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Dinas Lingkungan Hidup dalam Pembinaan Bank Sampah Induk di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin berjalan cukup efektif hal ini dapat dilihat dari tiga indikator pengukuran efektivitas yaitu 1) Pencapaian Tujuan; Kurun waktu,Sasaran 2)Integrasi; Komunikasi dengan organisasi lain 3) Adaptasi; Peningkatan Kemampuan dan Sarana Prasarana. Sedangkan faktor penghambat Efektivitas Dinas Lingkungan Hidup dalam Pembinaan Bank Sampah Induk di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin yaitu 1) Kurangnya Sumber Daya Manusia dan 2) Kurangnya Partisipasi Masyarakat.

Kata Kunci : Efektivitas , Bank Sampah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI