DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU PENERIMA BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENGINTERPRETASI DANA BANTUAN PEMERINTAH PADA MASA PANDEMI COVID-19
PENGARANG:KLARISHA VIONA AMANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-01


Abstrak

Klarisha Viona Amanda, 2022, PerilakuPenerima Program Bantuan PKH dalamMenginterpretasi Bantuan Pemerintah pada MasaPandemi Covid-19 (Studi :di Desa GedambaanKecamatan Pulau Laut Sigam)Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik Universitas Lambung MangkuratBanjarmasin. Di bawah bimbingan BapakKhairussalamS.Ag., M.Si.

Program Keluarga Harapan (PKH)  merupakan sebuah program pemerintah yang berupaya memberi perlindungan sosial bagikeluarga miskin, yang pada akhirnya bertujuanuntuk mengatasi permasalahan kemiskinannasionalPKH memberikan bantuan secara tunaikepada keluarga penerima manfaat (KPM). KPM tersebut diwajibkan untuk melaksanakanpersyaratan-persyaratan dari program PKH. Skripsi ini membahas mengenai perilaku KPM PKH dalam memanfaatkan dana bantuan PKH pada komponen pendidikanPenelitian inibertujuan untuk mengetahui bagaimana perilakuKPM dalam pemanfaatan dana bantuan PKH padakomponen pendidikan serta mengetahuibagaimana peran dan upaya pendamping PKH dalam mengatasi permasalahan yang terjadi padaanak putus sekolah di Desa GedambaanPenelitianini menggunakan metode penelitian deskriptifkualitatif. Untuk memperoleh data penelitimelakukan pengumpulan data melalui observasiwawancaradan dokumentasi. Informan penelitianini adalah Kepala DesaPendamping PKH, danKPM. Teori yang digunakan dari penelitian iniadalah Teori Fungsional AGIL Talcot Parsons danTeori Tindakan Sosial Max Weber. Dari hasilpenelitian yang dilakukan penelitimakadidapatkan hasilPertama, KPM di DesaGedambaan menyalahgunakan dana bantuan PKH pada komponen pendidikandalam masa pandemicovid-19 anak dari KPM tersebut tidak mengikutipelajaran selama sekolah online alhasil selamamasa pandemi anak dari KPM tersebut bekerjauntuk membantu kehidupan keluarga merekadandana bantuan pendidikan untuk anak KPM tersebut disalahgunakan untuk memenuhikebutuhan keluarga bukan untuk membeliperlengkapan sekolah anakKedua,  kendala yang dihadapi pendamping PKH adalah anak dari KPM tidak melanjutkan sekolah dikarenakan dampakdari sekolah online, upaya yang dilakukanpendamping dalam mengatasi hal tersebutdilakukannya home visit agar anak KPM tersebutmau melanjutkan sekolah yang mana pendampingtersebut memberikan pemahaman sebagai edukasikepada KPM akan pentingnya pendidikan pada anak.

Kata Kunci : Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH),  PeranPendampingdan Komponen Pendidikan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI