DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @DISKOMINFOBJB TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI COVID-19 MASYARAKAT KOTA BANJARBARU
PENGARANG:YANA JULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-01


Yana Julia, 1810414220030, 2022, Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @diskominfobjb Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Covid-19 Masyarakat Kota Banjarbaru. Dibimbing oleh Siswanto Rawali.

Dinas Komunikasi dan Informatika Banjarbaru merupakan instansi pemerintah yang bergerak di bidang pengelolaan Teknologi Informasi Kota Banjarbaru yang memiliki Instagram resmi dengan nama akun @diskominfobjb. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif komunikasi akun Instagram @diskominfobjb terhadap pemenuhan kebutuhan informasi Covid-19 masyarakat Kota Banjarbaru. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Populasinya adalah pengikut akun Instagram @diskominfobjb sebanyak 8.355. Sampel yang diambil sebanyak 99 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan derajat kepercayaan 95%.

Hasil penelitian ini adalah efektivitas akun Instagram @diskominfobjb dapat disimpulkan sudah efektif dalam memenuhi kebutuhan informasi Covid-19 masyarakat Kota Banjarbaru. Hal ini didukung dari hasil rekapitulasi analisis deskriptif pada indikator isi pesan, ketepatan waktu, kebutuhan kognitif dan kebutuhan afektif yang menunjukkan kategori tinggi. Serta hasil analisis yang menyatakan adanya hubungan yang sangat kuat, signifikan, dan searah antara efektivitas komunikasi akun Instagram @diskominfobjb terhadap pemenuhan kebutuhan informasi Covid-19 masyarakat Kota Banjarbaru. Hal ini berdasarkan hasil dari nilai R square efektivitas komunikasi akun Instagram @diskominfobjb sebesar 64,5% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi Covid-19 masyarakat Kota Banjarbaru dan 35,5% merupakan pengaruh dari faktor lain diluar penelitian.

Kata kunci : Efektivitas Komunikasi, Instagram, Kebutuhan Informasi. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI