DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Analisis Logam Berat (Mn,Pb,Cu,Fe) Pada Air, Sedimen dan Makrozoobenthos di Perairan Sungai Kuin Kota Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD ASRIN WIBOWO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-02


Muhammad Asrin Wibowo. 2022. Studi Analisis Logam Berat (Mn,Pb,Cu,Fe) Pada Air, Sedimen dan Makrozoobenthos di Perairan Sungai Kuin Kota Banjarmasin Pembimbing: Prof. Dr. Ir. H.Mijani Rahman, M.Si; Prof. Dr.Ir. H. Idiannor Mahyudin, M.Si; Dr.Ir. Fatmawati, M.Si.

 

 

Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan logam berat logam berat (Pb,Cu,Fe,Mn) pada badan air, makrozoobenthos dan sedimen tempat Makrozoobenthos hidup dan mengetahui hubungan kandungan logam berat (Pb,Cu,Fe,Mn) pada makrozoobenthos dan sedimen tempat makrozoobenthos hidup di perairan Sungai Kuin, Banjarmasin

Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari - Maret 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode deskriptif dan penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling. Lokasi pengambilansampel meliputi sepanjang aliran Sungai Kuin Banjarmasin. Analisis kandungan logam berat pada air dilakukan di Laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Banjarbaru, sedangkan analisiskandungan logam berat pada sedimen dan makrozoobenthos di Laboratorium Balai Riset dan Standarisasi Industri Pengujian Komiditi dan Lingkungan Banjarbaru dengan menggunakan Atomic Absorbtion Spectrophotometry (AAS).

Hasil penelitian menunjukkan kandungan logam berat Mn,Pb,Cu,Fe pada perairan berada di bawah baku mutu kecuali pada logam berat Pb pada stasiun 3,4 dan logam berat Fe pada stasiun 2,3 di atas baku mutu..Pada sedimen kandungan logam berat Mn,Pb,Cu,Fe berada diatas baku mutu kecuali pada logam berat Mn pada stasiun 1-5, pada logam berat Pb pada stasiun 1 dan pada logam berat Fe pada stasiun 1-5 berada di bawah baku mutu. Sedangkan kandungan logam berat Mn,Pb,Cu,Fe pada biota semua berada di atas baku mutu  yang ditetapkan sedangkan hubungan makrozoobenthos dengan tempat hidupnya yaitu sedimen, diduga sedimen dengan kandungan logam berat Mn,Pb,Cu,Fe yang tinggi diabsorbsi oleh makrozoobenthos (Kijing/ Pilsbryoconcha exilis) dari sedimen dikarenakan sifat (Kijing/Pilsbryoconcha exilis) yaitu filterfeeder dan sebagai bioakumulator.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI