DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI PERMAINAN BULU TANGKIS DI SLB NEGERI AMUNTAI
PENGARANG:Muhammad Hafi Maulana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-03


Maulana, Muhammad Hafi. 1810127110014. 2022. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan Melalui Permainan Bulu Tangkis Di SLB Negeri Amuntai. Dosen Pembimbing I: Dr. Ali Rachman, M.Pd Dosen Pembimbing II: Mirnawati M.Pd

Kata Kunci: Motorik Kasar, Anak Tunagrahita, Permainan Bulu Tangkis

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan anak tunagrahita ringan yaitu mengalami hambatan dalam motorik kasar. Hambatan motorik kasar anak tunagrahita ringan dalam penelitian ini terlihat dalam ketidakmampuan anak dalam menangkap bola kasti.Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk adakah kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan melalui permainan bulu tangkis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single SubjectResearch (SSR), desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A yang mana A1 merupakan fase baseline 1, B merupakan fase intervensi dan A2 merupakan fase baseline 2. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunagrahita yang duduk dibangku kelas X SLB Negeri Amuntai. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan kemampuan motorik kasar kearah yang lebih baik, terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi baseline 1 (A1), mean level sebesar 39%, kemudian pada fase intervensi (B) mean level sebesar 61% dan selama fase baseline 2 (A2) mean level sebesar 82%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada  peningkatan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Amuntai melalui permainan bulu tangkis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI