DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kompetensi Profesiona dan Komunikasi terhadap Produktivitas Kerja melalui Disiplin Kerja Guru SDN di Kecamatan Lampihong i
PENGARANG:HALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-04


ABSTRAK

Halimah. 2022. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Komunikasi terhadap Produktivitas Kerja Melalui Disiplin Kerja Guru SDN di Kecamatan Lampihong. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D, dan Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Kompetensi Profesional, komunikasi, produktivitas, disiplin

 

Produktivitas kerja guru adalah unjuk kerja guru dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan memiliki sikap untuk selalu meningkatkan dan memperbaiki proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap produktivitas kerja guru SDN di Kecamatan Lampihong, 2) pengaruh langsung komunikasi terhadap produktivitas kerja guru, 3) pengaruh langsung disiplin kerja terhadap produktivitas kerja guru, 4) pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap disiplin kerja guru, 5) pengaruh langsung komunikasi terhadap disiplin kerja guru, 6) pengaruh tidak langsung kompetensi profesional terhadap produktivitas kerja guru melalui disiplin kerja guru, dan 7) pengaruh tidak langsung komunikasi terhadap produktivitas kerja guru melalui disiplin kerja guru.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis jalur. Populasi penelitian ini adalah semua guru SD Negeri di Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan 172 orang, dengan sampel sebanyak 120 orang ditentukan dengan proposional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi kemudian dianalisi secara statistic deskriptif dan inferensial melalui SPSS 26.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap produktivitas kerja guru SDN di Kecamatan Lampihong sebesar 0,578, 2) ada pengaruh langsung komunikasi terhadap produktivitas kerja guru sebesar 0,417, 3) ada pengaruh langsung disiplin kerja terhadap produktivitas kerja guru sebesar 0,808, 4) ada pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap disiplin kerja guru sebesar 0,194, 5) ada pengaruh langsung komunikasi terhadap disiplin kerja guru sebesar 0,628, 6) ada pengaruh tidak langsung kompetensi profesional terhadap produktivitas kerja melalui disiplin kerja guru sebesar 0,157, dan 7) ada pengaruh langsung komunikasi terhadap produktivitas kerja melalui disiplin kerja guru sebesar 0,507.

Kesimpulan: Kompetensi profesional dan komunikasi memberikan pengaruh terhadap produktivitas kerja guru SDN di Kecamatan Lampihong, secara langsung dan tidak langsung.

Saran: Meningkatkan produktivitas kerja yang bisa diupayakan melalui, peningkatan kualitas guru baik dari aspek tingkat pendidikan, keterampilan maupun penyelenggaraan penelitian tindakan kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI