DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Pembangunan Berbasis Sustainable Deplopment Goals (Sdgs) Di desa Jejangkit Timur Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:MELDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-04


ABSTRAK

 

Meldawati 2022 “Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis Sdgs (Sustainable Development Goals) Di Desa Jejangkit Timur Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala”. Di bawah bimbingan Hj.Sandra Bhakti Mafriana, M.Si. selaku Pembimbing 1.

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pendataan terkait pembangunan desa berbasis SDGs (Sustainable Development Goals) di desa Jejangkit Timur Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala.

Pencapaian tujuan penelitian berupa pengumpulan data dan fakta terkait sejauh mana proses pendataan dan perencanaan pembangunan desa berbasis SDGs di desa Jejangkit Timur Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala. Penelitian skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data dan fakta yang didapatkan dengan metode field research (penelitian lapangan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa desajejangkit Dari 18 Target yang ada pada program SDG’s (Sustanable Development Goals), hasil pendataan tersebut, terdapat ada 14 Target yang sudah terpenuhi, dan juga ada 4 Target yang belum terpenuhi di Desa Jejangkit Timur. Dari 13 Target yangsudah terpenuhi tersebut yaitu (1). Desa tanpa kemiskinan, (2) Desa Tanpa Kelaparan, (3) Desa Sehat dan Sejahtera, (4) desa Pendidikan dan Berkualitas (5) ) Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan (6) Keterlibatan Perempuan Desa, (7) Desa Layak Sanitasi dan Air Bersih, (8) Infrastruktur dan Inovasi Desa Sesuai Kebutuhan (9) Desa Tanpa Kesenjangan, (10) Kawasan Pemukiman Desa Aman dan Nyama, (11) Desa Tanggap Perubahan Iklim (12) Desa Peduli Lingkungan Laut (13) Desa Damai Berkelanjutan (14) Kelembagaan desa Dinamis dan Budaya Adaptif. Adapun 4 Target yang belum terpenuhi yaitu (1) Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata, (2) Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan, (3) Desa Peduli Lingkungan Darat, (4) Kemitraan Untuk Pembangunan Desa.

 

Kata Kunci : Perencanaan, Pembangunan Desa, Sustainable Development Goals (SDGs).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI