DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN DINAS PERHUBUNGAN KALSEL TERHADAP PENGOPERASIAN FERI PENYEBERANGAN DARURAT DI ALALAK
PENGARANG:MUHAMMAD BAIHAKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-04


ABSTRAK

 

Muhammad Baihaki, 1610413610022, 2022 “Peran Dinas Perhubungan Kalsel Terhadap Pengoperasian Feri Penyeberangan Darurat Di Alalak” dibawah bimbingan Dosen Pembimbimbing Bapak Abdurahman.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah  Peran dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Pelayanan Petugas Kapal Feri penyeberangan Darurat Alalak terhadap penumpang  dan mengetahui Hambatan apa saja yang dihadapi pengelola pelabuhan dan petugas kapal feri penyeberangan Alalak Utara-Alalak Berangas terhadap pelayanan penumpang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode penilitian secara kualitatif. Karena tujuan inti penelitian ini adalah menganalisa bagaimana proses pelayanan yang diberikan kepada penumpang dan hambatan atau kendala yang dihadapi. Sumber data dikumpulkan melalui proses wawancara langsung dengan informan menggunakan panduan wawancara, observasi langsung terhadap aktivitas Dinas perhubungan kalsel beserta para pengelola dipelabuhan atau kapal feri serta studi dokumentasi atas dokumen-dokumen.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa   pelayanan petugas kapal feri penyeberangan darurat alalak dilakukan dengan baik, hanya saja para petugas mengalami kendala sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan. Hambatan pengelola dalam proses pengelolaan pelayanan pelabuhan dan kapal terletak faktor sarana dan prasarana yang ada menjadi penyebab proses jasa pelayanan di pelabuhan feri darurat alalak tidak berjalan maksimal dan juga faktor pada anggaran yang disalurkan untuk pengembangan pelabuhan masih minim.

Disarankan kepada pihak pengelola dan dinas perhubungan Menambah jumlah armada kapal yang beroperasi. Selama ini selain faktor cuaca, faktor masih kurangnya armada atau kapal yang beroperasi merupakan salah satu penyebab terjadinya kepadatan penumpang yang akan menyeberang di area pelabuhan Alalak. Menambahkan petugas yang ada didalam Kapal. Petugas yang berada didalam kapal jumlahnya tidak cukup banyak, berbanding terbalik dengan jumlah penumpang yang banyak. Untuk itu pihak PT RANNISA Feri Darurat Alalak diharapkan mampu menambah jumlah petugas didalam kapal agar jika penumpang membutuhkan segala sesuatunya petugas siap kapan saja.

 

 

Kata Kunci : Peran Dinas Perhubungan,   Pelayanan dan Feri Penyeberangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI