DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VII SMP/MTS
PENGARANG:NANDO PERDANA ROSAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-04


Salah satu masalah penting dalam pembelajaran sistem tata surya adalah memperhatikan penggunaan media pembelajaran yang dirasa mampu digunakan untuk memvisualisasikan materi karena peserta didik tidak dapat mengamati secara langsung fenomena dan benda-benda langit dalam sistem tata surya. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menganalisis kelayakan media berbasis game edukasi pada materi sistem tata surya. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu metode Research & Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan utama yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.  teknologi yang digunakan antara lain Construct 2, Adobe Illustrator, HTML, CSS, Firebase, MySQL dan InfinityFree. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 23 Banjarmasin yang  berjumlah 26 orang Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, dan angket. Sedangkan, instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi materi dan media, serta lembar respon pengguna. Berdasarkan hasil dari penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE, Hasil Kelayakan menunjukkan media pembelajaran telah valid dengan kategori sangat tinggi, Hasil respon pengguna diperoleh dari peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran menunjukkan kriteria sangat praktis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI