DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING SECARA VOLUNTARY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN SEKTOR BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2019)
PENGARANG:MUHAMMAD HAFIZH ILHAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-04


Muhammad Hafizh Ilham (2022). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Auditor Switching secara Voluntary (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan Sektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2019). Pembimbing: Syaiful Hifni.

Penelitian ini bertujuan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi terjadi auditor switching secara voluntary berlandaskan teori keagenan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh opini audit, financial distress, pertumbuhan perusahaan (ROA), ukuran perusahaan klien, ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) dan pergantian manajemen berpengaruh terhadap auditor switching secaravoluntary.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan sektor batubara yang terdaftar di BEI sejak 2014 hingga 2019. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive. Data yang digunakan sebanyak 102 sampel. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi logistik dengan SPSS versi 25.

Hasil penelitian mengindikasikan bahwa financial distress, pertumbuhan perusahaan dengan ROA, ukuran perusahaan klien, dan ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) tidak memiliki pengaruh terhadap auditor switching secara voluntary. Di lain sisi opini audit berpengaruh signifikan secara negatif dan pergantian manajemen berpengaruh positif signifikan terhadap auditor switching secara voluntary. Dua variabel dapat menunjukkan motif terjadinya auditor switching secara voluntary di sebuah entitas, bagi manajemen, auditor dan praktisi lainnya menjadi referensi dalam menjalin perikatan audit laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan standar-standar yangberlaku.

 

 

Kata Kunci:

Pergantian auditor, opini audit, financial distress, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan klien, ukuran KAP, dan pergantian manajemen.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI