DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Dalam Mengenal Lambang Huruf Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture,Mak A Match Pada Kelompok A Di PAUDIT Al Khair Barabai
PENGARANG:Noor Amelia Putri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-04


ABSTRAK

Putri, Noor Amelia 2022, Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak dalam Mengenal Lambang Huruf Menggunakan Kombinasi Model Picture and Picture, Make A Match pada Kelompok A3 di PAUDIT Al-Khair Barabai.  Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, S.T., M.Pd.

Kata Kunci : Mengenal Lambang Huruf, Kemampuan Berbahasa.

Permasalahan dalam penelitian kurangnya kemampuan anak dalam mengenal huruf di dalam media huruf. Hal ini disebabkan anak kurang pokus dalam memperhatikan guru, dan pembelajaran disediakan oleh guru kurang menarik. Upaya pemecahan masalah ini menggunakan model Picture and Picture, Make A Match dengan mengenal lambang huruf menggunakan media tutup botol dan kartu huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mengenal huruf A-Z.

Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Jumlah anak yang menjadi subjek pada kelompok A di  PAUDIT  Al-Khair sebanyak 11 orang yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Instrument yang digunakan aktivitas guru, aktivitas anak, dan aktivitas pengembangan anak. Dalam indikator keberhasilan pada aktivitas guru untuk pertemuan pertama memiliki skor 13, dan untuk pertemuan kedua memiliki skor 16 dengan kriteria cukup baik, selanjutnya aktivitas anak dalam pembelajaran memiliki kriteria cukup baik, dan untuk perkembangan anak juga memiliki kriteria cukup baik. 

Disimpulkan dalam model pembelajaran Picture and Picture, Make A Match dengan pemberian tugas berhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak dan perkembangan anak yang meningkat. Dalam penggunaan model ini dengan kemampuan berbahasa mengenal lambing huruf, menggunakan media kartu huruf dan tutup botol.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI