DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTASI KEKUASAAN DALAM TINDAK TUTUR PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X MAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:NUR HALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-04


Halimah, Nur. 2021. Representasi Kekuasaan dalam Tindak Tutur pada ProsesPembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 3 Banjarmasin.Skripsi.ProgramStudiPendidikanBahasadanIndonesia,JurusanPendidikanBahasa dan Seni, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.Pembimbing:(I)Prof.Dr.Jumadi, M.Pd..;(II)Faradina,M.Pd..

 

KataKunci:representasikekuasaan,tindaktutur,prosespembelajaran

Padadasarnyabahasamempunyaisejumlahfungsi.Salahsatufungsibahasaadalahuntukmempengaruhipikirandanperasaan,oranglain,dalamkonteksinibahasaberfungsisebagaialatkekuasaan.Penelitianinimendeskripsikan wujud kekuasaan dalam tidak tutur pendidik dan peserta didik diMAN3 Banjarmasin pada prosespembelajaran.

Penelitianinimerupakanpenelitianwacanadenganmenggunakanpendekatan deskripsi-kualitatif karena hasil datanya berupa tuturan pendidik danpeserta didik pada prosespembelajaran berlangsung. Data penelitian diperolehdarihasilobservasidanperekaman.Prosesperekamanmenggunakankamerauntuk mendokumentasikan kegiatan proses pembelajaran, dari hasil rekaman itu,peneliti melakukan observasi tentang penggunaan tindak tutur oleh pendidik danpesertadidikyangmerepresentasikankekuasaan.

Hasilpenelitianinimendeskripsikantuturanpendidikdan   pesertadidik pada proses pembelajaran di kelas. Pada peroses pembelajaran berlangsungpendidik dan peserta didik masing-masing memiliki kekuasaan kelas karena didalamtuturanpendidikterdapatpengaruhyangsangatsignifikanuntukberjalannya pembelajaran,dan tuturanpesertadidiksama pentingnya sebagairesponden yang menerima pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Penelitianini di bagi menjadi dua rumusan masalah yang pertaman, representasi kekuasaandalam tindak tutur pendidik dan representasi kekuasaan dalam tindak tutur pesertadidik.

Hasil representasi kekuasaan dalam tindak tutur pendidik adalah pendidikmemiliki kekuasaan jabatan, kekuasaan paksaan, kekuasaan keahlian, kekuasaanpenghargaan, dan kekuasaan kharismayang mana tindak tuturyang dihasilkanada direktif, asertif, ekspresif, komisif, dan deklaratif yang berbentuk mengajak,memaksa, memerintah, menuntut, berspekulasi, memuji, berjanji, melarang, danmembatalkanyangdapatmengubahkeadaan.Sedangkanhasilrepresentasikekuasaandalamtindaktuturpesertadidikadalahpesertadidikmemilikikekuasaan penghargaan yang dipengaruhi oleh kekuasaan jabatan pendidik dankekuasaankharisma.Tindaktuturyangdihasilkanadadirektif,asertif,ekspresif,dankomisifyangberbentukmemohon,mengakui,menegaskan,mengkritik,mengeluh, berjanji,dan menyatakankesanggupan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI