DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH FITOKIMIA
PENGARANG:Halimatuzzahra
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-07


Pengembangan media interaktif berbasis android terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) pada mata kuliah fitokimia merupakan media pembelajaran berupa aplikasi android yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, kepraktisan serta keefektifan media interaktif berbasis android yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Depelopment (R&D) dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu: Studi pendahuluan, pengembangan media dan uji media. Media interaktif diuji coba pada 28 mahasiswa mata kuliah fitokimia program studi pendidikan kimia FKIP ULM Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis android memenuhi sebagai berikut: (1) valid dan reliabel, dengan persentase pada aspek kaidah media pembelajaran 95,625%; (sangat valid), bahasa 95% (sangat valid), tata laksana 91,667% (sangat valid), dan kelayakan isi 95,714% (sangat valid) serta reliabilitas sebesar 0,90 (Sangat tinggi) ; (2) praktis, dilihat dari skor angket keterbacaan pada uji perorangan dan kelompok kecil sebesar 3,2 (baik) dan 3,39 (sangat baik), angket respon mahasiswa sebesar 3,09 (baik), angket respon dosen pengampu sebesar 3,91 (sangat baik), lembar observasi mahasiswa sebesar 3,75 (sangat baik) dan lembar observasi dosen pengampu 3,71 (sangat baik) serta ; (3) efektif, dilihat berdasarkan N-gain kemampuan berpikir kritis sebesar 0,53 dalam kategori sedang.

 

Kata Kunci: media interaktif berbasis android, STEM, kemampuan berpikir kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI