DIGITAL LIBRARY



JUDUL:USAHA ARANG DI DESA RANGGANG KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:RIZKA LIA ADISTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-07


ABSTRAK

 

Rizka Lia Adisti, 2022. Usaha Arang Di Desa Ranggang Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat,Pembimbing (I) Sigit Ruswinarsih, Pembimbing (II) Laila Azkia.

Kata Kunci: Usaha Arang, Produksi, Distribusi

Kondisi sejahtera umumnya adalah suatu kondisi yang berkecukupan segala fasilitas hidupnya, baik dari segi ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Untuk mencapai hidup yang sejahtera dan berkualitas, dibutuhkan suatu upaya penyadaran dan pemberian kekuatan untuk dapat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan gambaran usaha arang di Desa Ranggang Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. 2) Untuk menguraikan distribusi arang di Desa Ranggang Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara purposive berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gambaran produksi usaha arang di Desa Ranggang mencakup tentang bahan baku, proses pembuatan, proses pembongkaran, dan terakhir sortir. (2) Gambaran distribusi usaha arang di Desa Ranggang yaitu penjualan dari pemilik ke pembeli dan ada juga dari pemilik ke pengepul.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada (1) Untuk pengusaha arang, hendaknya memperluas jaringan pemasok bahan baku pembuatan arang tujuannya agar proses produksi dapat terus berlangsung secara berkesinambungan tanpa adanya jeda waktu menunggu terpenuhinya bahan baku pembuatan arang. (2) Untuk pemerintah daerah Kabupaten Tanah Laut, hendaknya ditingkatkan dukungan terhadap kelangsungan usaha industri arang, salah satunya dengan penyediaan bahan baku yang terus berkesinambungan yaitu dengan adanya Hutan Tanaman Industri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI