DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:Yunita Purnama Sari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-07


ABSTRAK

Sari, Yunita Purnama. 2022. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa SMK Negeri 1 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. (Pembimbing Skripsi: Prof. Dr. Dwi Atmono, M. Pd, M. Si.)

Siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan untuk membuka usaha sendiri masih tergolong rendah dikarenakan rendahnya minat. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah menanamkan minat siswa untuk berwirausaha di sekolah seperti memberikan pembelajaran kewirausahaan, materi tentang pengetahuan kewirausahaan, praktik kerja lapangan dan pelatihan tentang kewirausahaan. Seseorang yang ingin melakukan suatu usaha, diharuskan untuk merubah pola pikir dalam menjalankan usahanya yaitu dengan cara memanfaatkan peluang serta menggunakan teknologi dalam berwirausaha. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Banjarmasin. (2) Untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap minat berwirausaha pada siswa XI SMK Negeri 1 Banjarmasin. (3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan media sosial terhadap minat berwirausaha pada siswa XI SMK Negeri 1 Banjarmasin.

Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Banjarmasin dengan mengambil sampel 235 dari populasi tersebut. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pendidikan kewirausahaan mempunyai pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Banjarmasin dengan thitung > ttabel (2,785>1,970) dan kategori sangat tinggi dengan persentase 65,9%. (2) Ada pengaruh media sosial mempunyai pengaruh secara parsial dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Banjarmasin dengan thitung > ttabel (8,701>1,970) dan kategori sangat tinggi dengan persentase 53,2%. (3) Ada pengaruh pendidikan kewirausahaan dan media sosial berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Banjarmasin dengan Fhitung > Ftabel (146,733 > 19,491) dan dan kategori sangat tinggi dengan persentase 97,4%.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Media Sosial, Minat Berwirausaha.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI