DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERLIBATAN MASYARAKAT TERHADAP PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN LAHAN GAMBUT TELUK PAKU KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:VIBY HENDRIAWAN
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-09-12


Penelitian berjudul “Keterlibatan Masyarakat Terhadap Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Lahan Gambut Teluk Paku Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan” memiliki tujuan mengetahui persepsi dan partisipasi masyarakat terhadap pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan gambut di Teluk Paku. Manfaat dari penelitian ini dapat memberikan informasi kepada aparat pedesaan serta menjadi tambahan informasi dalam rangka upaya pencegahan kebakaran lahan gambut yang melibatkan masyarakat khususnya pada daerah lokasi penelitian. Motif terjadinya kebakaran pada lahan gambut disebabkan oleh aktivitas manusia atas pertimbangan ekonomi. Alasan dilakukannya pembakaran lahan karena dianggap sebagai cara yang paling mudah untuk membuka lahan, efektif serta efisien.
Pemilihan sampel dengan metode sensus terfokus pada responden yang sering berinteraksi dan tinggal dekat kawasan lahan gambut, jumlah responden yang di dapatkan sebanyak 80 orang. Metode penelitian menggunakan teknik skor skala 1-3-5 Nilai skor disusun berdasarkan jumlah jumlah kuesioner terdiri dari 4 jenis pertanyaan yang masing- masing terdiri dari 5 sampai 6 pertanyaan kemudian di presentasikan dengan angka.
Kesimpulan yang di dapatkan persepsi masyarakat terhadap pencegahan kebakaran lahan gambut Teluk Paku dikategorikan sedang (1118). Tingkat persepsi masyarakat terhadap penanggulangan kebakaran lahan gambut termasuk dalam kategori tinggi (1580). Tingkat partisipasi masyarakat terhadap pencegahan kebakaran lahan gambut dikategorikan tinggi (1770). Tingkat partisipasi masyarakat terhadap penanggulangan kebakaran lahan gambut termasuk dalam kategori sedang (1348).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI