DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CURRENT RATIO (CR) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA SEKTOR PERBANKAN BUMN YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2021
PENGARANG:Nisa Rahayu
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-08


Nisa Rahayu, 1810412620010, 2022, Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Sektor Perbankan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2021. Dibawah bimbingan Hj Siti Rusidah.

            Industri Perbankan merupakan Industri yang mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam memberikan kontribusi yang sangat dalam keuangan suatu negara bank memberikan jasa keuangan seperti menyaluarkan dana atau memberikan pinjaman dan membutuhkan kepercayaan dari para nasabah, dimana tingkat kesehatan bank akan mempengaruhi nilai profitabilitas yang maksimal guna memperlancar kinerja bank tersebut.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh secara parsial dan simultan antaraCurrent Ratio (CR) Dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Sektor Perbankan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2021. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan Bank BUMN dengan  menggunakan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa data dari  website Bursa Efek Indonesia (BEI) dan laporan keuangan yang diperoleh dari  masing-masing Bank BUMN periode 2014-2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode studi Pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan SPPS versi 26.0

            Hasil penelitian membuktikan bahwa Current Ratio (CR)berpengaruh positif tidak signifikan secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) dengan besar pengaruh 0,122 > 0,05 .  Debt to Equity Ratio (DER)  berpengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap Return On Assets (ROA)  dengan besar pengaruh 0,001<0,05. Current Ratio (CR)dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) dengan besar pengaruh 0,000<0,05 dengan tingkat hubungan kuat.

Kata Kunci:Current Ratio (CR), Debt to Equit Ratio (DER), Return On Assets (ROA)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI