DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA BERBASIS SDGS (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DI DESA MANARAP BARU, KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD RIDHO FAUZI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-08


Muhammad Ridho Fauzi, 1810413310041, 2022. Perencanaan Pembangunan Desa Berbasis SDG’s (Sustainable Development Goals) di Desa Manarap Baru,  Kabupaten Banjar. Dibawah bimbingan Sandra Bakti Mafriana.

            Latar belakang penilitian ini berawal dari Perencanaan Pembangunan Desa yang dilaksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan difasilitasi oleh pemerintah desa melalui forum masyarakat yaitu Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes). Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembangunan desa dalam berbasis SDG’s ataupun belum berbasis SDG’s.

            Metode penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan data primer yaitu wawancara dan observasi, serta data sekunder yaitu dokumentasi.

            Hasil penelitian bahwa MusrembangDes yang dilaksanakan diakhir Tahun 2021 belum berbasis SDG’s, karena pendataan SDG’s baru rampung diawal Tahun 2022. Ada perbandingan jarak waktu antara pelaksanaan MusrembangDes dan penginputan data SDG’s. Maka dari itu, peneliti disini melakukan pendataan terkait 17 target yang ada di SDG’s di Desa Manarap Baru. Ditemukan bahwa dari 17 target yang ada di SDG’s, ada 9 target yang sudah terpenuhi dan ada 8 target yang belum terpenuhi di Desa Manarap Baru.

            Saran penelitian diharapkan pemerintah desa sebagai pelaksana pembangunan desa agar menduplikasi program dari desa yang berstatus Desa Maju maupun Desa Mandiri, namun sesuai dengan kebutuhan dan potensi di Desa Manarap Baru. Untuk memenuhi 8 target SDG’s yang belum terpenuhi.

 

Kata Kunci: Perencanaan Pembangunan Desa, Musrembangdes, SDG’s.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI