DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATERI FLUIDA STATIS PADA KONTEKS LAHAN BASAH UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
PENGARANG:MUTHYA HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-09


Materi ajar elektronik yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan sesuai dengan lingkungan sekitar peserta didik yakni lingkungan lahan basah masih belum tersedia di sekolah, terutama untuk melatihkan literasi sains. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni menghasilkan modulelektronik (E-Modul) materi fluida statis pada konteks lahan basah untuk melatihkan literasi sains pesera didik yang layakdigunakan dalam pembelajaran. Adapun tujuan khususnya yakni mendeskripsikanvaliditas, kepraktisan, dan efektifitas E-Modul. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan modelADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek uji coba adalah 10 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumenlembar validitas E-Modul, angket respon peserta didik, dan tes literasi sainspeserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) E-Modul termasuk valid karena hassil validasinyaberkategori sangat tinggi, (2) E-Modul termasuk praktis karena hasil respon pesetrta didik memenuhi kategori praktis, dan (3) E-Modul termasukk efektif karena n-gain literasi sains memperoleh kategoritinggi. Diperoleh simpulan bahwa E-Modul untuk melatihkan literasi sains konteks lahan basah pada materi fluida statis yang layakdigunakan dalam proses pembelajaran karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

 

 

Kata kunci:  Fluida statis, konteks lahan basah, literasi sains, modul elektronik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI